Saturday, March 1, 2014

Training PERDES Gelombang Pertama Selesai

Tidak terasa, tiga hari sudah berlalu. Saatnya kegiatan Training Pembuatan Peraturan Desa tentang Tata Ruang Desa untuk gelombang pertama berakhir. Dimana untuk gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 27 Pebruari - 1 Maret 2014.

Selama tiga hari, peserta yang terdiri dari tiga desa yang ada di wailayah Kabupaten Kubu Raya yaitu Desa sungai Asam, Desa Sungai Itik dan Desa Punggur Kecil diarahkan untuk belajar bersama bagaimana menyusun Peraturan Desa tentang Tata Ruag Desa. 

Pada hari terakhir, peserta dibagi dalam tiga kelompok berdasarkan desanya masing-masing untuk berdiskusi membuat sketsa atau peta tentang pola ruang di Desanya. Baik kondisi di saat ini dan bagaimana memprediksikan untuk kondisi tata ruang desa untuk 10 sampai 20 tahun ke depan. Hasil diskusi kelompok tersebut kemudian dipresentasikan oleh masing-masing kelompok (Desa). Harapannya dari sketsa pola ruang Desa yang sudah dibuat akan menjadi dasar untuk membuat peraturan desa tentang tata ruang desa.  

Akan ada dua gelombang lagi kegiatan Training pembuatan peraturan desa tentang tata ruang desa yang akan dilakukan oleh JARI Borneo Barat. Untuk dua gelombang tersebut diperkirakan dilakukan pada bulan Maret 2014.  










Labels: