Wednesday, March 19, 2014

JARI Mendorong adanya PERDES tentang Tata Ruang Desa

Keberadaan Peraturan Desa diakui sebagai sebagai salah satu bentuk peraturan perundang-undangan sejak diundangkannya Undang-Undang nomor 10 Tahun 2010 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dan UU 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah . Lahirnya UU 6 tahun 2014 memberikan pengakuan yang lebih kuat tentang Desa sebagai entitas wilayah yang memiliki otonomi dan kewenangan sendiri .
Seiring dengan itu, sejak reformasi digulirkan, praktek eksploitasi sumber daya alam baik yang berorientasi terhadap sumber daya yang tangible maupun intangible, yang notabene berada di wilayah desa , semakin menjadi-jadi . Dan  ironisnya justru masyarakat desa kerapkali menjadi penonton dan obyek dari kebijakan pemberian konsesi tersebut.
Read more »

Labels: ,

Isu Tata Kelola Hutan dan Lahan, Community Organizer Sangat Diperlukan

Pengorganisasian masyarakat atau CO adalah kegiatan dalam rangka membangunan kesadaran kritis dan penggalian potensi pengetahuan lokal masyarakat berdasarkan dialog atau musyawarah yang demokratis. Pengorganisasian masyarakat bukan hanya sekedar melakukan pengerahan masyarakat untuk mencapai sesuatu kepentingan semata, namun suatu proses pembangunan organisasi masyarakat yang dilaksanakan dengan jalan mencari penyelesaian secara bersama pula yang didasarkan pada potensi yang ada dalam masyarakat.

Pada kenyataannya, kebanyakan masyarakat masih berada dan berposisi dalam kondisi lemah, sehingga diperlukan sebuah wadah yang dapat dijadikan wahana untuk perlindungan dan peningkatan kapasitas bargaining. Masih terjadinya ketimpangan dan keterbelakangan di masyarakat, dimana ketiadaan dan ketidakberdayaan masyarakat dalam mendapatkan akses dan asset untuk bisa memperbaiki keadaannya. Oleh karena itu, pentingnya sebuah penggorganisasian masyarakat dalam upaya mencapai suatu perubahan masyarakat menjadi lebih baik, mendorong daya kritis dan kesadaran terhadap hak-hak dasar masyarakat. Tentu saja dalam hal ini bahwa pengorganisasian tidak selalu bermakna persiapan melakukan perlawanan terhadap tekanan dari pihak-pihak tertentu, tetapi juga dapat bermakna sebagai upaya bersama dalam menghadapi masalah-masalah bersama dalam upaya memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat.
Read more »

Labels: