Monday, August 31, 2015

JARI Borneo Barat Ikuti Kongres Sungai Indonesia 2015

Gusti Carma Dwi Husada, salah satu staf JARI Indonesia Borneo Barat merupakan salah satu peserta perwakilan dari Pontianak, Kalimantan Barat yang mengikuti kegiatan Kongres Sungai Indonesia 2015 yang dilaksanakan di Banjarnegara, Jawa Tengah pada tanggal 26 - 30 Agustus 2015.

Menurut Gusti Carma, kegiatan ini sangat penting dan baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Sehingga keterlibatan dalam kegiatan ini menjadi sebuah momentum penting dalam rangka mengggali informasi dan solusi penangannaya terhadap berbagai permasalahan sungai baik se-Indonesia dan khususnya Kalimantan Barat.

“ini yang pertama kalinya di Indonesia dilaksanakan sebuah kongres secara khusus membahas tentang sungai. Dimana memang tidak bisa kita pungkiri, banyak sekali permasalahan terhadap sungai baik se-Indonesia dan khususnya Kalimantan Barat. Sehingga dengan mengikuti Kongres ini salah satu momentum penting untuk menggali berbagai informasi dari berbagai daerah dan pemerintah bagimana kondisi dan solusi dalam menyelesaikannya” ungkapnya.

Masih menurut Gusti Carma, permasalahan yang terjadi pada sungai saat ini perlu penanganan yang sangat maksimal. Dibutuhkan komitmen dari berbagai pihak, baik pemerintah, pengusaha, akademisi, NGO dan masyakakat. Contohnya adalah sungai - sungai kecil dan sungai besar seperti Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Idonesia.
Read more »

Labels: