Friday, October 14, 2011

JARI Gelar Workshop Standar Pelayanan Minimal

 JARI Gelar Workshop Standar Pelayanan Minimal

http://www.borneotribune.com/pontianak-kota/jari-gelar-workshop-standar-pelayanan-minimal.html
Kamis, 13 Oktober 2011 08:51 Nur Iskandar

Standar Pelayanan Minimal (SPM) memberikan jaminan bahwa hak-hak publik terlayani dengan sebaik-baiknya. Peran pelayanan tersebut dilakukan pemerintah sesuai dengan tugas dan fungsinya di mana menurut tertuang di dalam PP No 65 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal. Plt Sekwil JARI Indonesia Borneo Barat, Gustiar menyatakan bahwa Workshop SPM diselenggarakan di Kabupaten Kubu Raya, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Untuk itu narasumber kedua dinas di kabupaten pemekaran ini turut ditampilkan dengan topik program pelayanan mereka di tahun 2012.



Workshop menurut Gustiar sebagaimana surat yang dilayangkannya kepada media bernomor 040/B/SEKWIL/X/2011 dilaksanakan pada hari Rabu (12/10) bertempat di Hotel 95. Menurut rencana workshop dibuka pada pukul 08.30 dengan fasilitator Faisal Riza, ST.

Peserta workshop sesuai dengan daftar undangan terdiri dari kalangan instansi pemerintah khususnya pendidikan dan kesehatan, juga media cetak maupun elektronik. Alur kegiatannya diawali dengan penyampaian materi dilanjutkan tanya jawab. Workshop dilanjutkan dengan diskusi SPM dalam upaya pencapaian MDG’s serta melahirkan rekomendasi kelembagaan.

MDG’s (Millenium Development Goal’s) adalah deklarasi tujuan pencapaian pembangunan milennium dari 189 negara yang secara bersama sepakat untuk mencapai pengentasan kemiskinan hingga tahun 2015. Pencapaian di 2015 ini dapat dilakukan dengan keikutsertaan dan kerjasama seluruh pemangku kepentingan di setiap lapisan masyarakat. Masyarakat miskin membutuhkan akses pelayanan yang lebih baik sehingga bisa sejahtera. Masyarakat miskin juga membutuhkan jalan dan infrastruktur lain untuk mendukung aktivitas ekonomi, serta membuka akses pasar untuk menjual produksi mereka.
Tingkat pendapatan masyarakat akan meningkat dengan terbukanya kesempatan kerja dan pengembangan usaha. Oleh karena itu kebijakan mendasar diperlukan sehingga Workshop SPM diperlukan sebagai wadah evaluasi sekaligus menggagas rekomendasi sehingga fokus MDG’s bisa tercapai.

Labels: ,