Wednesday, April 11, 2012

Pelatihan Menulis dan Blog

JARI Indonesia Orwil Borneo Borneo Barat mengadakan pelatihan Menulis dan Blog di Sekretariat JARI Indonesia Borneo Barat, Jl Putri Dara Hitam Gang Tani 1 No 26 Pontianak Kota. Pelatihan tersebut melibatkan komunitas-komuinitas dari Desa dampingan JARI Borneo Barat dan mahasiswa sebagai pesertanya, serta sebagai narasumber atau fasilitatornya adalah Bung Aries Munandar dan Bung Alexander Mering yang berasal dari komunitas BBM (Border Blogger Movement).




Pelatihan Menulis dan Blog dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari rabu dan kamis tanggal 11 dan 12 April 2012, dari Pukul 09.00 WIB-16.00 WIB. Gustiar, selaku Plt Sekwil JARI Borneo Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa dilaksanakannya Pelatihan menulis dan Blog merupakan langkah awal yang dilakukan untuk para peserta belajar dan memahami bagaimana menjadikan informasi dalam bentuk tulisan dan kemudian informasi tersebut disampaikan melalui media yaitu Blog.


"pelatihan ini sebenarnya merupakan langkah awal bagi kita semua terutama peserta untuk belajar dan mengetahui bagaimana menyajika informasi menjadi sebuah berita dalam bentuk tulisan dan kemudian dipublikasikan melalui sebuah blog. Sehingga informasi tersebut bisa diakses dan memberikan manfaat bagi bagi orang banyak", katanya.


Gustiar juga menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan menulis dan blog juga merupakan bagian dari peserta pelatihan CO (Community Organizer) yang dilakukan JARI Borneo Barat pada tanggal 30-31 Maret 2012. Agenda hasil pelatihan CO adalah peserta melakukan pendampingan di lapangan terhadap komunitas, baik wilayah atau sektor yang sudah ditentukan oleh masing-masing peserta  Sehingga dengan pelatihan menulis dan blog ini menjadi modal bagi peserta untuk menginformasikan dalam bentuk tulisan atau berita dari apa yang didapat di lapangan.


 "peserta ini adalah juga peserta pelatihan CO yang sebelumnya sudah dilakukan oleh JARI Borneo Barat pada dua minggu yang lalu di mana peserta kemudian akan turun ke lapangan melakukan pendampingan terhadap komunitas baik itu wilayah ataupun sektor. Sehingga dengan pelatihan ini menjadi modal bagi peserta untuk turun ke lapangan melakukan proses pendampingan dan menulis apa yang didapat menjadi sebuah berita dalam bentuk tulisan," katanya.


Sani, salah satu staff JARI Borneo Barat menambahkan bahwa target peserta yang akan dikiutkan dalam pelatihan menulis dan blog adalah alumni pelatihan CO JARI Borneo Barat yang jumlahnya 20-an orang. Akan tetapi tidak semua kawan-kawan tersebut bisa mengikuti pelatihan menulis dan blog dikarenakan bentrok dengan kegiatan atau agenda masing-masing.

"sebenarnnya kawan-kawan alumni pelatihan CO JARI Borneo Barat menjadi target untuk pelatihan ini dan juga kawan-kawan dari staff-stafnya JARI Borneo Barat. Cuma banyak kawan-kawan tersebut yang tidak bisa ikut karena ada yang bentrok dengan perkuliahan di kampus, ada yang bentrok dengan kewajibanya mengajar di sekolah dan alasan-alasan lainya, dan ada juga yang tidak memberikan informasi apa-apa," katanya.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diberikan pemahaman tentang apa saja langkah-langkah dalam menulis, manfaat menulis, informasi tentang blog, bagaimana membuat blog sampai pada mempublikaskan tulisan ke dalam blog. Proses yang dilakukan berupa ceramah, diskusi dan praktek. Peserta ditugaskan membuat sebuah tulisan dan kemudian dari tulisan tersebut dibahas, dikoreksi secara bersama-sama dengan cara semua yang terlibat dalam pelatihan mengomentari tulisan yang sudah dibuat. Peserta juga melakukan praktek membuat sebuah blog dan sampai membuat tulisan dalam blog.






.






Labels: ,