Monday, November 24, 2014

Seruan 6 (Enam) Kepala Desa Di Kabupaten Kubu Raya

Merebut Kembali Kedaulatan Desa atas Ruang dan Lahan

Hadirnya Undang-undang Desa No 6 Tahun 2014 sejatinya mengembalikan pengakuan negara terhadap desa. Sejarah menunjukkan mulai era penjajahan hingga 15 tahun reformasi, Desa telah kehilangan kekuatannya dan hanya ditempatkan sebagai obyek pembangunan yang hanya mendapatkan sisa dari kue pembangunan.

Lahan yang semakin sempit dan tidak produktif ditambah dengan tingkat kepadatan penduduk yang semakin tinggi berakibat pada berkurangnya kemampuan desa untuk mensejahterakan warganya. 

Read more »

Labels: ,

Perdes Tata Ruang Desa Dan Gerakan Bela Desa Untuk Pembangunan

Enam Kepala Desa yang mengatasnamakan Gerakan Bela Desa menyerukan dan mendesak Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk segera melakukan evaluasi Rancangan Peraturan Desa yang diusulkan.

Gerakan Bela Desa ini untuk perbaikan dan pembangunan desa kedepannya, ungkap Kepala Desa Batu Ampar, Junaidi Abdullah didampingi Kades Sungai Asam pada acara Konfrensi Pers “Merebut Kembali Kedaulatan Desa atas Ruang dan Lahan, Jum’at (21/11) di Gardenia Resort and Spa Kubu Raya.

Para kepala desa ini juga mendesak Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Kubu Raya untuk menjadikan Peraturan Desa yang diusulkan sebagai salah satu pijakan dasar dalam pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Kubu Raya.
Read more »

Labels: ,